. . .

Welcome to my little blog. I just want to share some notes. Notes about me, my blog, and all the things I loved. I loved Taiwanese drama, Chinese drama, and mandarin songs. If you already read my post, leave your COMMENT and VOTE please. I need your opinion to be better. (^.-)/
If you want to request some notes, you can send me email, or contact me in social network. I active in IG account @lintang_ns . I'm waiting for you! \(^.^)/ Oh ya, don't forget to DM me! ^^

Sunday 17 November 2019

Film Mandarin CLBK (Cinta Lama Belum Kelar) .

Hallloooooow 
Kembali lagi menyapa pengyoumen yang ada di seluruh penjuru internet. Tgl 10 November kemarin, aku kembali membuat polling di instagram. 100% dari pengyoumen memilih cinta lama belum kelar, dibanding cinta lama bersemi kembali. Ternyata tema ini juga digemari laki-laki juga, buktinya 50% dari pemilih itu laki-laki. Hihihihiii Cukup intro-nya langsung aja yoks. 

1. A Wedding Invitation


A Wedding Invitation (分手合约) a.k.a. Fen Shou He Yue adalah sebuah film Tiongkok yang diperankan oleh artis cantik Bai Baihe dan aktor Eddie Peng. Film ini dirilis tahun 2013, lumayan lama tapi masih menjadi salah satu film terbaik Bai Baihe sampai sekarang. Film Bai Baihe yang lain, bisa pengyoumen baca resensinya di _The Stolen Years: Cinta, Ingatan, dan Kenyataan. Sebenernya film The Stolen Years juga bertemakan cinta lama belum kelar juga lho, tapi bukan cerita tentang mantan pacar, tapi mantan suami-istri. 

Film A Wedding Invitation berkisah tentang sepasang kekasih masa SMA yang bernama He Qiao Qiao (Bai Baihe) dan Li Xing (Eddie Peng). Di masa sekolah, Qiao Qiao membawa bekal makan siang dengan menu dumpling setiap hari. Keesokkan harinya, Li Xing diam-diam menukar kotak bekal miliknya dengan milik Qiao Qiao. Saat waktu istirahat tiba, Qiao Qiao heran karena bekal makanannya berubah. Lalu Li Xing datang dan menanyakan apakah makanan buatannya itu enak atau tidak. Mulai dari saat itu, setiap harinya Li Xing akan membuatkan bekal makan siang dengan menu yang berbeda-beda, dan Qiao Qiao akan mengomentari makanan tersebut dengan teliti. Mereka pun menjadi sepasang kekasih. 


Setelah kelulusan SMA, Qiao Qiao meminta putus secara sepihak. Dia berkata bahwa dia ingin pindah ke Shanghai dan mengejar mimpinya menjadi seniman keramik. Qiao Qiao juga berkata bahwa Li Xing harus menjadi seorang koki handal agar sanggup membelikan Qiao Qiao sebuah gaun pengantin dari desainer Lan Yu. Li Xing pun akhirnya setuju untuk putus. Mereka berjanji jika lima tahun kedepan di hari yang sama mereka masih sendiri, mereka akan menikah. 

Dalam lima tahun itu, Li Xing terus mengikuti kompetisi untuk menjadi koki terbaik. Di sisi lain, Qiao Qiao harus berjuang sendiri untuk sembuh dari penyakit yang dia derita semenjak SMA. Lima tahun berlalu, Qiao Qiao merayakan kesembuhannya, sambil menunggu telepon dari Li Xing. Telepon pun berdering, Qiao Qiao yang sangat antusias untuk berkata "Ya, Aku bersedia menikah denganmu" harus menahan sakit ketika Li Xing berkata "Aku akan menikah dengan tunanganku." Kelanjutannya langsung cus aja nonton filmnya.

2. Rhythm of The Rain


Sekarang sudah mulai memasuki musim hujan bukan? Film ini cocok banget nih buat menemani malam sendu pengyoumen dengan rintik-rintik hujan terlihat di luar jendela. Film ini dirilis di Taiwan 4 Oktober 2013 dengan soundtrack yang sangat menusuk hati dari Queen Wei. Walau rating MDL tidak tinggi yaitu 6,5 tapi rasanya aku ingin tetap merekomendasikan film ini untuk pengyoumen. Semua orang memiliki rasa dan kenangannya sendiri saat hujan. Rhythm of The Rain memiliki banyak momen yang terekam ketika air hujan turun membasahi para karakter dalam film. Warning 18+

Rhythm of The Rain (聽見下雨的聲音) a.k.a. Ting Jian Xia Yu De Sheng Yin menceritakan beberapa kisah cinta di waktu hujan. Cerita utamanya adalah tentang sebuah band anak muda yang terdiri dari enam personil. Benih-benih cinta antara sang vokalis dan gitaris, Allen (Alan Kuo) dan Sharon (Vivian Hsu) mulai tercium oleh teman-teman mereka. Karena malu di cengcengin terus, Allen bilang kalau dia tidak menyukai Sharon. Karena sakit hati, Sharon memutuskan untuk keluar dari band. Bertahun-tahun kemudian, Sharon sudah sukses sebagai penyanyi solo sedangkan teman-temannya masih berjuang untuk masuk ke industri musik. 


Di waktu yang lain ada seorang fotografer bernama Yi Le (Shi Xialong) sedang memotret sebuah gerbang sekolah di waktu hujan. Beberapa murid berlarian menghindari hujan, tetapi ada satu gadis yang berdiri di depan gerbang. Gadis ini bernama Yu Jie (Ginnie Han), dia membuka sebuah payung dan menunggu kekasihnya sambil tersenyum. Yi Le terpesona dengan senyum dari Yu Jie. Tak lama, seseorang lelaki mengendarai motor, menghampiri Yu Jie dan mereka pun berboncengan. 

Apa hubungannya satu cerita dengan cerita lainnya? Allen dengan Yi Le adalah teman serumah. Bertahun-tahun si fotografer menyimpan rasa pada Yu Jie, eh malah Allen yang jadian sama Yu Jie. Saat Yu Jie berbahagia dengan Allen, Sharon kembali dan membuat Allen bimbang. Bagaimana kelanjutan kisah mereka?

3. Us and Them


Us and Them (后来的我们) a.k.a. Hui Lai De Wo Men adalah film original Netflix yang harus masuk dalam list pengyoumen. Menceritakan tentang sepasang mantan kekasih yang kembali bertemu setelah sekian tahun putus. Mereka menumpangi pesawat yang sama, dalam kelas yang berbeda. Karena cuaca buruk, penerbangan pesawat mereka tertunda. Di momen itulah, mereka saling bercerita tentang masa dahulu. 

Tahun 2007, Fang Xiaoxiao (Zhou Dongyu) dan Lin Jianqing (Jing Boran) bertemu pertama kali di kereta di malam tahun baru china. Semenjak itu mereka menjadi sepasang sahabat. Sebenarnya Jianqing memiliki rasa suka pada Xiaoxiao, tapi rasa itu hanya dipenpam dalam hati. Perhatian tulus dan cinta tidak cukup berarti bagi Xiaoxiao, karena yang Xiaoxiao inginkan adalah lelaki lokal Beijing yang kaya agar dia tidak perlu lelah bekerja. 


Perjalanan cinta Xiaoxiao tidak berjalan mulus. Dia hanya dijadikan pacar simpanan oleh seorang lelaki hidung belang. Setelah putus dan mendapat pacar baru, hubungannya kembali kandas karena orang tua pacarnya tidak merestui. Ketika Xiaoxiao sedang patah hati, dia selalu mendatangi Jiangqin. Sampai akhirnya Xiaoxiao menyadari bahwa yang dia cintai adalah Jiangqin. Mereka akhirnya resmi menjadi sepasang kekasih. 

Jiangqing bekerja sebagai costumer service, sedangkan Xiaoxiao mengatur segala keuangan mereka. Mereka menjalani hidup dengan berhemat, seperti makan mie sepiring berdua setiap hari. Kebiasaan mereka berdua setiap tahun baru china adalah pergi menemui ayah Jiangqin di kampung halaman mereka, Yaojiang. Tahun 2009, Jiangqin dan Xiaoxiao pulang ke kampung halaman untuk menghadiri sebuah acara reuni. Karena tidak ingin diremehkan, Jiangqin menghabiskan seluruh uangnya untuk menyewa mobil dan membeli banyak bebek panggang untuk teman-temannya. Hal itu ternyata tidak berhasil, dan malah membuat Jiangqin menjadi terlihat palsu di depan teman-temannya. 


Masalah Jiangqin dan Xiaoxiao terus bermunculan. Jiangqin mulai menjadi sosok yang emosian, bahkan dia dipecat dari kerjaannya karena dia memarahi pelanggan. Jiangqin dan Xiaoxiao juga terpaksa pindah ke kontrakan yang lebih kecil karena tidak sanggup bayar uang sewa. Puncaknya ketika Jiangqin menolak untuk pulang ke kampung halaman untuk merayakan tahun baru china bersama ayahnya. Mereka putus, dan bertahun-tahun kemudian mereka kembali bertemu. Resensi lengkapnya _Us and Them : Cerita Setelah Kita .

Lagi?

4. My Old Classmate

5. Ex Files 3 : The Return of The Exes
Link resensi : _3 Film Seri Ex Files

Ini ada sebuah lagu dari Yoga Lin, Step Aside. Lagu ini bukan soundtrack dari kelima film diatas. Tapi ini pas banget buat pengyoumen yang masih belum move on dari kisah cinta masa lalu. Lagu ini bercerita tentang seorang pria yang bertemu kembali dengan mantannya yang sudah memiliki kekasih yang baru. Kemudian dia menggumam dalam hati, Aku habiskan bertahun-tahun masa mudaku untukmu, dan aku telah dapatkan ucapan "terimakasih atas kepergianmu".




        ^ - - - - - - - - - - ^





        ^ - - - - - - - - - - ^



2 comments:

  1. Asing semua filmnya, tapi kok penasaran pengen nonton :D
    Aku lebih penasaran sama film Us and Them nya pengen liat.

    Aku gak update sama sekalia kalau soal film. Oh iya, kalau film indo ada referensi nggak nih, Lintang?

    ReplyDelete

Hello, Pengyoumen~
I'd like to say thank you for visit my little blog, read my notes. Hope we can be friend although we aren't face to face. Please enjoy. If any question or comment you want me know, write here (^.^)/
Teman-teman sebangsa dan setanah air~
Kalau kalian ada pertanyaan yang masih terpendam dalam hati, tentang blog mini milikku atau ingin lebih tahu tentang dunia mandarin lovers. silahkan tulis disini. <(~,^)/
-
Don't forget to write your name,
Tinggalkan namamu, buat arsip. Hehehee~