. . .

Welcome to my little blog. I just want to share some notes. Notes about me, my blog, and all the things I loved. I loved Taiwanese drama, Chinese drama, and mandarin songs. If you already read my post, leave your COMMENT and VOTE please. I need your opinion to be better. (^.-)/
If you want to request some notes, you can send me email, or contact me in social network. I active in IG account @lintang_ns . I'm waiting for you! \(^.^)/ Oh ya, don't forget to DM me! ^^

Tuesday 15 October 2019

G.E.M. Tang, Si Pemecah Rekor Mandopop 200 Juta Views Youtube.

Haloooww pengyoumen.
Hampir tengah malam, dan aku belum menyapa bulan dan bintang malam ini. Hahahahaa 

Pencapaian positif dalam hidup umumnya akan membuat seseorang menjadi lebih semangat. Nah, sosok yang akan aku bahas kali ini baru saja mendapatkan pencapaian positif di hidupnya. Tepatnya pada 10 September 2019 lalu, G.E.M Tang berhasil menjadi penyanyi mandopop pertama yang mencapai 200 juta views youtube. Pemecahan rekor ini dia dapatkan untuk sebuah musik video miliknya yang berjudul Light Years Away. Kereeeen !!


Dengan rekor ini, dia berhasil mengungguli para seniornya, yaitu Jay Chou, Hebe Tien, dan JJ Lin. Selain itu, lagu cinta milik G.E.M ini berada diatas lagu cinta favorit lainnya, seperti You Exist in My Song milik Wanting Qu, Let's Not Be Friend Anymore milik Eric Chou, dan Those Years milik Hu Xia (OST You Are The Apple of My Eye). Hebat bukan? Tapi mungkin dari pengyoumen masih ada yang belum mengenal siapa penyanyi cantik bak berlian satu ini. Maka dari itu, yuks kita bahas sama-sama. Banyak banget hal-hal menarik dari G.E.M lho.

SEKILAS BIODATA


G.E.M Tang / Gloria Tang / Deng Ziqi adalah seorang penyanyi mandarin kelahiran Shanghai, 16 Agustus 1991. Pada awalnya dia adalah penyanyi berbahasa kanton (berbasis di Hongkong), yang kemudian merambah ke lagu berbahasa mandarin. G.E.M adalah singkatan dari Get Everybody Moving yang juga menjadi judul album debutnya. G.E.M mengawali karir di tahun 2008 bersama label musik Hummingbird. Kini dia sudah memiliki label music sendiri, yaitu GEM Studio. Dia menjadi salah satu penyanyi wanita mandarin yang jago main piano. Selain keahliannya bermain piano, dia juga fasih berbahasa Inggris. Dia pernah belajar musik secara formal di Hongkong Academy for Performing Arts tapi kemudian memilih untuk melanjutkan karirnya dibanding kuliahnya.

Aku pertama ngelihat G.E.M di musik video Bubble (泡沫) a.k.a. Pao Mo. Sekitar tahun 2012. Yang menarik perhatianku, G.E.M saat itu memiliki gaya rambut yang unik yaitu rambutnya sebelah kiri dipotong cepak. Selain gaya rambut yang berbeda, G.E.M juga memiliki gaya berpakaian yang terkadang tomboy, terkadang feminim. Cantik dan bertalenta.

I AM A SINGER SEASON 2


G.E.M mulai dikenal luas sebagai penyanyi mandarin adalah saat dia mengikuti ajang kompetisi I Am A Singer yang diselenggarakan oleh Hunan TV (2014). I Am A Singer bukan seperti ajang pencarian bakat bernyanyi di Indonesia. Acara ini diadakan bagi para penyanyi profesional berkompetisi mengaransemen lagu milik pribadi ataupun orang lain, kemudian menyanyikannya secara langsung. 

Season 2 ini diikuti oleh beberapa penyanyi lain, diantaranya Jason Zhang, Victor Wong, dan grup band kawakan Power Station. Di episode pertama, G.E.M melantunkan lagu miliknya Bubble. Dari acara ini G.E.M menampilkan suara vokal tingginya. Dia berhasil memukau penonton saat menyanyikan lagu If I Were A Boy milik Beyonce, juga berhasil membuat penonton terenyuh saat G.E.M menyanyikan lagu If There Was No You (如果没有你) a.k.a. Ru Guo Mei You Ni milik Karen Mok. 
Jika tak ada kamu, tidak akan ada masa lalu, aku pun tak akan tersakiti. Walaupun begitu, masih saja mencintaimu. Jika tak ada kamu, dimanapun aku tak akan ada penyesalan. Bagaimanapun juga, semua sudah terlambat. Bagaimanapun juga, sudah kehilangan jati diri. 
Di acara ini, G.E.M secara stabil hampir selalu mencapai peringkat 3 teratas di setiap episodenya. Bahkan beberapa episode, G.E.M berhasil mendapatkan poin tertinggi dari para penonton. G.E.M pun berhasil masuk pada episode final, dan akhirnya menjadi Juara II. Setelah itu, G.E.M semakin terkenal, dan semakin dibicarakan.

PROJECT BARENG JJ LIN DAN MAYDAY

Setelah kesuksesannya di acara I Am A Singer, G.E.M mulai dilirik oleh penyanyi-penyanyi lain untuk bikin project bersama. Salah satunya adalah penyanyi bersuara merdu JJ Lin. Pengyoumen pasti sudah tahu lah ya, abang manis asal singapore ini. Hahahhaaa Aku juga sudah pernah bahas JJ Lin di artikel _Denting Piano Penyanyi Taiwan Part 1Cek cek yang belum baca.

Di tahun 2014, JJ Lin berkolaborasi dengan G.E.M dalam lagu berjudul Beautiful (手心的蔷薇) a.k.a. Shou Xin De Qiang Wei. Lagu ini masuk dalam album Genesis milik JJ Lin. Musik videonya diunggah pada 10 Februari 2015 di akun youtube JJ Lin. Dengan konsep kecantikan "merah dan hitam", video musik Beautiful menampilkan wajah cantik G.E.M versi close up. Cantik banget. Pengyoumen yang mau lihat MVnya klik _Beautiful


Selain project bareng JJ Lin, G.E.M juga berhasil masuk dalam project Mayday. Di tahun 2015 lalu, Mayday mengumpulkan berbagai penyanyi wanita berbakat untuk sebuah project bertajuk Her Story with Mayday. Project ini adalah project pembuatan satu album yang isinya lagu-lagu Hits Mayday yang diaransemen dan dinyanyikan ulang oleh para penyanyi wanita ini. 

Selain G.E.M, di project ini ada penyanyi senior seperti Fish Leong dan S.H.E, ada penyanyi hits Wanting Qu dan Lala Hsu, juga penyanyi ballad yang satu label music dengan Mayday yaitu Jia Jia. Total ada 10 penyanyi wanita yang ikut dalam Her Story with Mayday ini. Untuk G.E.M sendiri, dia mengaransemen ulang lagu You Are Not Truly Happy (你不是真正的快樂) a.k.a. Ni Bu Shi Zhen Zheng De Kuai Le. Info menarik, lagu ini juga pernah dibawakan oleh G.E.M di semifinal I Am A Singer. Pengyoumen yang mau dengar dan lihat playlist album Mayday, bisa klik _Her Story 

LAGU HITS G.E.M.




Sebelum aku bahas ke lagu Light Years Away, aku akan bahas beberapa lagu hits G.E.M yang lainnya. Lagu debut G.E.M (Bubble) menjadi lagu debut yang cukup sukses. Setelah itu, G.E.M merilis beberapa album, salah satunya adalah album Heartbeat. Di album tersebut ada beberapa lagu hits, yaitu Heartbeat, Long Distance, dan Goodbye. Goodbye menjadi lagu kedua G.E.M yang berhasil menembus 100 juta views. Lirik lagu Goodbye ditulis oleh G.E.M sendiri, dimana lagu tersebut berisi tentang kata "selamat tinggal" yang bila diucapkan akan ada kemungkinan untuk tidak bertemu kembali. 


Selain itu ada berbagai lagu hits, dari album lainnya. Yang paling mencuri perhatian adalah lagu berjudul Tik Tok (倒數) a.k.a. Dao Shu. Tik Tok merupakan lagu cinta milik G.E.M yang berlirik sangat romantis. Tentang mencintai seseorang disetiap detak jantung yang berdetak, menghargai setiap waktu bersama (walau akhirnya tidak bersama). Konsep video musiknya juga bagus banget. 

Siapa yang terbangun sebelum menyadari mimpinya
Hati siapa yang patah sebelum terbuka
Petualangan untuk mengejar cinta itu rumit
Bahkan jika itu menjadi lebih rumit, semua pantas karenamu 
LIGHT YEARS AWAY

Nah, info-info penting tentang G.E.M sudah aku bahas. Sekarang kita masuk ke topik utama yang membuatku akhirnya bikin postingan ini. Lagu hits milik G.E.M yang berhasil memecahkan rekor. 



Light Years Away (光年之外) a.k.a. Guang Nian Zhi Wai dirilis pada platform youtube tanggal 29 Desember 2016. Lagu ini liriknya dibuat langsung oleh G.E.M sebagai lagu tema film Hollywood Passenger. MVnya pun dibuat dengan menyisipkan cuplikan-cuplikan film. Sampai saat postingan ini rilis, views dari MV ini sudah mencapai 203704364 kali. Keren banget! G.E.M juga terlihat sangat anggun mengenakan dress abu dan pakaian hitam. Lagu ini membuat G.E.M semakin dikenal luas. Sebuah lagu dengan lirik yang lebih dari romantis, begitu mendalam, dan diksi yang sangat cerdas. Lagu ini sempat dinyanyikan oleh G.E.M di acara 2019 Berakthrough Prize Ceremony (4 November 2018). Acara itu semacam acara penghargaan internasional untuk terobosan ilmiah terbaru. lirik terjemahannya bisa pengyoumen lihat di _Seribu Tahun Cahaya
Mungkin masa depan masih sejauh ribuan tahun cahaya
Aku rela menunggumu di ketidakpastian ini
Aku tak pernah terpikir, aku bisa begitu gila demi dirimu
Tanah longsor, tsunami, aku tak ingin lari tanpamu 
Pikiranku sudah tergila-gila demi kamu
Denyut nadi, detak jantung, tak lagi berarti tanpamu 
Semoga dengan postingan ini pengyoumen bisa lebih mengenal G.E.M. Kira-kira siapa lagi penyanyi mandarin yang perlu dibahas?




        ^ - - - - - - - - - - ^






        ^ - - - - - - - - - - ^





No comments:

Post a Comment

Hello, Pengyoumen~
I'd like to say thank you for visit my little blog, read my notes. Hope we can be friend although we aren't face to face. Please enjoy. If any question or comment you want me know, write here (^.^)/
Teman-teman sebangsa dan setanah air~
Kalau kalian ada pertanyaan yang masih terpendam dalam hati, tentang blog mini milikku atau ingin lebih tahu tentang dunia mandarin lovers. silahkan tulis disini. <(~,^)/
-
Don't forget to write your name,
Tinggalkan namamu, buat arsip. Hehehee~