. . .

Welcome to my little blog. I just want to share some notes. Notes about me, my blog, and all the things I loved. I loved Taiwanese drama, Chinese drama, and mandarin songs. If you already read my post, leave your COMMENT and VOTE please. I need your opinion to be better. (^.-)/
If you want to request some notes, you can send me email, or contact me in social network. I active in FB account Lintang Nolscore. I'm waiting for you! \(^.^)/ Oh ya, don't forget to inbox me! ^^

Sunday, 11 June 2017

Pertanyaan Mainstream Seputar AKA Bogor !

Seiring langit yang kian menghitam, aku hadir kembali bersama bintang-bintang. Hahaaa
Selamat malam Pengyoumen~ , terutama adik-adik tingkatku yang sibuk Magang-PKL atau sibuk  UAS system block. Lebih lebih terkhusus lagi untuk calon mahasiswa AKA yang dua minggu lalu namanya terpangpang nyata sebagai peserta yang lolos Ujian Masuk AKA Gelombang 1. Hai Para Camaka ! Dari lubuk hati terdalam, kuucapkan selamat menikmati~ Hahaahaa (ᗒᗜᗕ) Maksudku, Selamat menikmati bulan suci Ramadhan~ Hehee *mencobangeles

Dulu di tahun 2013, pas aku baru mau daftar menjadi peserta Ujian Masuk AKA lumayan banyak pertanyaan yang terlintas dipikiran aku. Saat itu, enggak banyak yang tahu AKA bahkan mbah google pun kayaknya baru kenalan deh sama AKA jadi artikel tentang AKA itu minim banget. Web resmi AKA (www.aka.ac.id) adalah satu-satunya pedomanku dalam misi memahami AKA. Aku udah tanya ke mbah google lewat perantara kata kunci mahasiswa AKA, berharap menemukan blog-blog pribadi yang mengupas tentang kampus AKA. Hasilnya nihil. Aku sempat mikir absurd : “mahasiswa AKA pada lenyap kemana sih? Bak ditelan bumi, huft” . Hehehee (ᗒᗜᗕ) Dengan beribu pertimbangan, akhinya aku buat postingan ini untuk para Camaka (Calon Mahasiswa AKA) di luar sana yang mungkin masih tersesat dan butuh pencerahan. Wkwkwk Langsung aja ! Cekidot~

1. AKA Bogor itu apa?


Pertanyaan numero uno ini udah pasti ada dipikiran pengyoumen~ . AKA Bogor itu apaan sih? Jawabannya : AKA Bogor adalah sebuah Perguruan Tinggi. Sudah terjawab khan? Bagaimana, sangat puas dengan jawaban aku? Oooh pasti tidak! Hahahaaa makanya baca sampai habis postingan ini, biar kece. Keceplung ke AKA wkwkwk

AKA Bogor, lengkapnya Politeknik AKA Bogor adalah perguruan tinggi vokasi berbasis analis yang telah berdiri sejak 1959. Banyak yang masih belum move on dengan berpikir bahwa AKA, adalah sebuah akademi. Aku gak bilang itu salah kok, karena memang sebelum 2014 berakhir AKA adalah singkatan dari Akademi Kimia Analisis. Tapi itu dulu Pengyoumen, sekarang AKA adalah sebuah brand yang dihimpit oleh kata Politeknik dan Bogor. Jadi jangan sampai berpikiran bahwa AKA itu : Politeknik Akademi Kimia Analisis Bogor . Hihihiii~

AKA Bogor versi aku. Dulu aku pernah dikasih tahu kakak tingkat, kalau AKA itu serbenernya singkatan dari Akademi Kecil Amat. Wkwkwk(ᗒᗜᗕ) Itu bener sih tapi buat aku, AKA Bogor adalah tempat singgahku selama tiga tahun setengah, menjadi rumahku dan menjadi tempat pertemuan terindahku dengan Jurnalika terkhusus Mozaik. AKA Bogor adalah ladang “danus” (baca: jualan) yang sangat subur walau akhir-akhirnya aku tetep tekor. Hahahaaa AKA Bogor adalah tempat dimana aku (plus anak kelas Esforce) setiap pergantian mata kuliah, sering banget lari sprint dari gedung perluliahan ke lab lama/lab baru, naik tangga – turun tangga, pake jas lab warna putih yang mulai menguning atau bahkan menghitam? wkwkwk ini secuil AKA Bogor versi aku. Mari kita beralih ke pertanyaan lainnya~

2. Letaknya dimana?

Setiap kali aku sosialisasi AKA ke SMA ku dulu, setidaknya ada satu orang  yang udah tahu AKA. Dan dia bakal bilang “Iya tahu, yang depan BTM”. BTM (Bogor Trade Mall) adalah mall menengah agak kebawah yang minimalis, ekonomis, pas banget buat anak-anak sekolahan yang suka pada nonton film di bioskop lantai paling atas. Hahahaa Gedung depan BTM itu adalah gedung AKA lama, yang baru? Ada di Jalan Pangeran Sogiri No. 283. Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, Kota Madya Bogor. Kode Pos ? Lupa euy ~

3. Status ? Negeri/swasta/Ikatan dinas apa engga?

Ini sebenernya mungkin agak penting bagi anak-anak SMA, entah kenapa status perguruan tinggi tuh secara gak langsung bisajadi ajang pamer-pameran. Tapi apalah dayaku gak bisa mamerin AKA, perguruan tinggi yang lumayan gak terkenal, dan lumayan enggak besar. Hahahaaa (ᗒᗜᗕ) Tapi, setidaknya lumayan banyak cerita yang bisa aku tulis dari kampus super mungil itu. Eaaaa

AKA Bogor bersatus Negeri, karena dia ada di Jawa Barat yang masih masuk lingkup Indonesia. Kalau di luar negeri itu namanya swasta. Yayayayaa~ (ᗒᗜᗕ) Kalau berstatus negeri, kenapa gak masuk list SNMPTN? Karena SNMPTN adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang berada di bawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, sedangkan AKA Bogor di bawah naungan Kementrian Perindustrian selayaknya Politeknik APP Jakarta dan Politeknik ATK Yogyakarta. Paham ? ^_^ Oh ya, jangan sampai termakan berita hoax bahwa AKA itu ikatan dinas yaa~ AKA Bogor bukan ikatan dinas .

Oh ya, dulu ada satu kelas namanya TPL. Nah kelas ini diisi oleh putra-putri daerah yang terpilih dari berbagai wilayah di Indonesia. Sabang sampai merauke, ada sekitar 30 orang per angkatan. Mereka ada delapan angkatan. Mereka sistemnya dibiayain oleh daerah masing-masing, dan setelah lulus mereka diikat sama dinas di daerahnya selama 2 tahun. Yap, mungkin saja ini yang buat orang-orang berpikir kalau AKA ikatan dinas, padahal engga. Sekilas info, dari dua tahun yang lalu kelas TPL sudah gak ada lagi. tapi gak tahu juga kalau tahun-tahun depan mungkin ada lagi~

4. Prodinya ada apa aja? Prospek kedepannya?

Dari angkatan pertama AKA, sampai dengan angkatan AKA 55 (masuk tahun 2014) adalah lulusan program studi Analis Kimia. Yup, dulu AKA cuman punya satu program studi, D3 Analis Kimia. Aku masuk AKA 54 lho, Angkatanku namanya Prototipe lho, Hihihii~ *promoblakblakan*

Mulai AKA 56 (tahun ajaran 2015/2016), AKA punya 3 prodi. Analis Kimia (AnKim), Penjaminan Mutu Industri Pangan (PMIP), dan Pengolahan Limbah Industri (PLI). Tahun ajaran baru nanti 2017/2018 akan masuk angkatan ketiga dari PMIP dan PLI. Prospek Kerja? Sebagai perguruan tinggi vokasi, lulusan AKA pastinya disiapkan untuk bekerja dengan keterampilan analisisnya. Lulusan AKA udah banyak banget, dan udah nyebar di berbagai sektor industri. Dari mulai industri farmasi (contohnya aku, wkwkwk), industri pangan, industri tekstil, industri tambang, industri migas, industri kosmetik, aaaah pokoknya semuanya dah. Kebanyakan nanti kalau disebutin semua~ Jadi insyaAllah bakal ada banyak peluang untuk bekerja setelah lulus dari AKA. Heheee

5. Bagaimana cara masuknya?

Nah jika Pengyoumen, temennya Pengyoumen, adiknya Pengyoumen, atau anaknya Penyoumen tertarik sama AKA pasti lagi nyari cara gimana masuk AKA khan? Hihihii~

Sepengetahuanku, AKA Bogor punya 2 Jalur Masuk. Yang pertama adalah Jalur Rapot. Jalur masuk yang satu ini kayaknya dijelasin dikit aja ya, karena jalur ini secara garis besar sama dengan SNMPTN. Kenapa sama? Ya, peserta jalur rapot harus bersaing sama peserta lain se-Indonesia biar bisa masuk AKA. Sistemnya pun hampir mirip, Jadi kalian bisa milih 2 dari 3 program studi di AKA. Urutan prodi yang dipilih juga menentukan selayaknya SNMPTN. Bedanya dengan SNMPTN, AKA Bogor tidak mengenal unsur regional (mengutamakan daerah sekitar Bogor), jadi Penyoumen yang ada di sabang atau merauke, daftar aja! Tahun depan tapi, hehehe karena tahun 2017 ini, Jalur rapot sudah tutup. ^^ Tapi tenang masih ada jalur lain.

Jalur Kedua adalah Jalur Ujian Masuk (UM AKA). Haaai pejuang UM AKA Gelombang 1 yang udah daftar ulang, salam kenal dariku yang 4 tahun lalu juga menyandang titel pejuang UM AKA. Hhahaaa (ᗒᗜᗕ) UM AKA adalah ujian tulis buat masuk AKA. Dulu pas zaman aku, UM AKA itu cuman satu kali. Sekarang UM AKA dibagi menjadi 2 Gelombang. Yang di UM kan apa aja? Kalau gak salah, cuman ada 3 kok. Tes Potensi Akademik (TPA), Bahasa Inggris, dan Kimia. Lumayan bukan? Heheee Gak kayak zaman aku, ada Matematika dan Fisikanya juga. -__-

Hmm, sebenernya ada satu lagi. Tapi jalur ini juga aku masih agak bingung. Apa itu? Jalur Undangan. Katanya sih mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi di AKA, bakal mempengaruhi rating SMAnya. Jadi SMAnya bakal dapet undangan gitu buat masuk AKA. Nanti siswa SMA yang daftar bakal diseleksi gitu cuman aku gak tahu gimana system seleksinya. Nah, yang aku bingung. Dua dari tiga orang alumni SMAku (SMAN 1 Cisaat Sukabumi) lulus kumlot kok kagak dapet yak . Hihii~ Apakah jalur ini adalah hoax semata apa gimana? *colekpudirdaribelakangtembok* Hehehee

6. AKA Bogor Sulit?


Nah, bagian ini gak sengaja aku dapet dari statistik blog, haahahaa Aku emang selalu lihat statistik blog apalagi bagian kata kunci. Kenapa? Karena sering banget lihat kata kunci yang nyeleneh. Hahahaaa Dari gambar diatas, yang menurut aku agak absurd (selain AKA Bogor Sulit) adalah Mike He di serial Meteor Garden. wkwkwk Lebih baik kita balik kebahasan utama aja ya~ 

AKA Bogor Sulit? Sulitkah masuk AKA Bogor? Jawaban yang menurutku tepat adalah : “tidak begitu sulit, tapi tidak juga gampang.” Kenapa tidak sulit? Anak SMK jurusan Teknik Komputasi Jaringan (TKJ) aja bisa lolos UM AKA. Hehee ^0^ Tapi kenapa tidak juga gampang? Ada cerita sorang peserta, dia sudah ikut seleksi rapot, UM AKA Gelombang 1 dan 2. Pada akhirnya dia tetap saja belum beruntung. Jadi semua tergantung keberuntungan, dan jalan takdir yang telah digariskan. Hehehe Usaha itu harus, tapi hasil kita pasrahkan saja.

Nah bagamana tipsnya buat masuk AKA? Ikuti aja Try Out (TO). TO UM AKA selalu diadakan setiap tahunnya kok. Pendaftarannya beriringan sama pendaftaran AKA. Aku juga alumni TO UM AKA. Hahaaaa Waktu itu aku pertama kalinya numpang tidur di tempat orang yang gak aku kenal. wkwkwk Hebat khaaan. Pengyoumen, anak AKA itu pada humble banget (termasuk aku, wkwkwk). Untuk pengyoumen yang rumahnya lumayan jauh dari AKA, pengyoumen bisa dateng 1 hari sebelum TO UM AKA. Nanti biasanya panitianya menyediakan kostan buat numpang tidur. GRATIS ! Gimana? Kurang baik apa coba anak AKA tu~ Hihihiii . Selain itu, kalian bisa ikut bahas soal bareng kakak tingkat AKA .

7. Apa lagi?

Sebenernya masih banyak pertanyaan-pertanyaan mainstream seputar AKA Bogor. Kapan-kapan mungkin bakal aku lanjutin. Heheee Berminat ke AKA tahun ini? Jangan lewatkan kesempatan terakhir di tahun ini! UM AKA Gelombang 2 . Pendaftaran sudah dibuka kok, sampai dengan 19 Juli 2017 nanti. Untuk cara pendaftaran dan lainnya, langsung aja masuk ke website resmi aka aja yaaa~ (www.aka.ac.id) . Dan jangan lupa daftar TO UM AKA Gelombang 2 juga yaaa~ 

Hampir terlewat, AKA Bogor sekarang punya program akselerasi bagi lulusan D1 Sekolah Menengah Analis Kimia. Contohnya lulusan SMAKBO atau SMTI. Jadi mereka kuliah di AKA cuman dua tahun. ^^

Untuk Para Camaka,
Kalau nanti para senior / kakak tingkat pada nanyain : Kenapa sih milih AKA? Kenapa gak milih yang lain aja sih? . Itu bukan karena senior pada gak suka sama AKA lho, ^^ Mereka iseng aja, wkwkwk (ᗒᗜᗕ) Mereka tahu kalau anak-anak SMA yang tahu AKA itu cuman dikit. Kalian gak perlu merangkai kata-kata indah : “aku sangat bermimpi ingin masuk AKA kaaak,” . Aduduuu~ aku mual. Hahahaaa (ᗒᗜᗕ) Blak-blakan aja, dengan gitu kalian bakal makin deket sama kakak tingkat. Terus kalian bisa minta “turunan” deh. Karena “turunan” itu adalah hal krusial buat anak AKA … hahahaaa

Teakhir, Kalau pengyoumen pengen nanya-nanya tentang AKA boleh banget. ^^ Akhir Kata. Bye-bye Pengyoumen~

37 comments:

  1. Kak disana bisa cari jodoh gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau beruntung sih bisa, Hahahaa

      Delete
    2. bisa dijadiin ladang jodoh tuh sekali panen bisa juga naik pelaminan. #eaaa

      Delete
    3. Emberan, banyak kok AKA + AKA yang naik pelaminan. wkwkwk

      Delete
  2. hahaha, kirain AKA itu bajak laut yang ada di one piece dek, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduduu~ Beda jauh bang. Hahahaaa

      Delete
    2. salah malah kepikiran AKA itu dari bahasa jepang yang artinya merah

      Delete
    3. Oh ya? Baru tahu hehehe, lumayan nambah 1 kosakata Jepang. hihiii

      Delete
  3. Wah, aku bacanya serasa terjawab sekaligus jadi tahu. Nambah pengalaman lagi nih, ilmu juga. Setidaknya kalau orang tanya aku juga bisa jawab..hehe

    Masih lama nih tanggal pendaftarannya sampe 19 Juli. Semoga makin banyak yang tahu dan daftar ya, Teh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe Alhamdulillah kang Andi dateng kesini, jadi nambah satu orang yang tahu AKA. hihihii

      Muhun Kang, semoga ~

      Delete
    2. Datang karena diundang kan..hehe

      Aamiin..

      Banyakin lagi dong teh foto tentang AKA nya :)

      Delete
    3. Aduh kang, foto AKA mah langka pisan kang. Hehehe

      Delete
  4. Tenang AKA emang ga terlalu terkenal di dunia pendidikan tapi pas udah terjun ke dunia kerja udah ga aneh ketemu lulusan AKA & SMAKBO hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bosen ketemu anak AKA ya, hahahaa

      Delete
    2. Yg diujung pulau aja sering jumpa alumni AKA :D

      Delete
    3. Cie yang di ujung pulau,
      Kalau di ujung dunia kira-kira ada juga gak yak ? wkwkwk

      Delete
  5. Kak alhamdullilah aku kan lolos gel 1 ankim thn ini, mau nanya dong kalo d3 analis kimia nanti lanjut s1 nya kemana aja ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Haaai salam kenal ^^
      Pertanyaanmu futuristik banget ya, baru masuk sudah bicara tentang lanjut S1. Hehehee

      D3 Analis Kimia bisa lanjut ke Kimia Murni, Teknik Pangan, Teknik Lingkungan, Teknik Kimia, SMK3, daaan hmm segitu aja yang kka ingat. Hehehee

      Delete
  6. wah kirain AKA ini apa gitu. Ohh ternyata ini. Pernah denger juga sih sebenernya tapi agak lupa-inget gitu. Gak apa-apa deh, nambah informasi baru lagi. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memangnya dulu ngira AKA itu apa?, Heheee

      Delete
  7. Bagus ya, mensosialisasikan institusi pendidikannya di blog, biar terkesan punya cerita personal yang baik juga AKA Bogor. Hahaha, akadeik kecil amat. Lumayan tuh dari sumber statistiknya, bisa bikin postingan SEO dari keyword AKA bogor :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih tepatnya biar terkesan kalau AKA Bogor itu baik wkwkwk

      Delete
  8. Gamelan di sekret masih suka bunyi sendiri ta?, hahaha,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyaan yang cukup membuat dilema. Wkwkwk
      Kalau lintang bilang masih, nanti camaka pada ngibrit ketakutan bang. Tapi memang begitu adanya. hahahaaa

      Delete
  9. Kak kalo udah dari AKA bisa lanjut ke ITB/UGM/UI ga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu bisa, tapi sayangnya sekarang mereka sudah menutup program ekstensi. Kamu terobsesi sama tiga univ itu yak? wkwkwk

      Delete
  10. Keren nih, isi tulisannya menjawab pertanyaan bagi orang yang membutuhkan. Ntar pada banyak yang nanya nanya ke kamu seputar kampusnnya. Ntar pada mikir kamu dari admin kampus atau pihak akademik kampus wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan berpikir seperti itu, karena aku masih terlalu muda buat jadi admin kampus atau pihak akademik AKA. wkwkwk Aku cuman sukarelawan, Hahahaaa

      Delete
  11. Infonya cukup lengkap buat anak SMA yg lagi nyari kampus buat lanjut studi. Btw, font blognya bikin pusing lho.. saranku ganti font yang readable aja :)

    ReplyDelete
  12. jujur nih,pas baca pertama saya gak tahu AKA itu apaan, saya malah kirain kayak komunitas gitu ternyata perguruan tinggi toh. Lumayan cukup detail nih pembahasannya, semoga aja bisa bantuin anak sekolah cari referensi seputar AKA deh biar gak pusing carinya dimana lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehee kalau mikir AKA itu komunitas juga gpp kok . Komunitas mahasiswa yang tersesat di ITB KW (Institut Tanah Baru). Hahahaaaa >O<

      Delete
  13. Kak katany masuk AKA itu susah tapi denger" mhsiswa sana pngen cepet" lulus.
    Kan sayang udh masuk susah" malah mw buru" kluar ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyaan yang spektakuler. wkwkwk
      Hahahaa Bener juga sih, tapi mahasiswa AKA pengen cepet lulus itu karena ingin segera turut serta dalam industri di Indonesia. wkwkwk

      Delete
  14. Kaa kalo peluang itu sama aja ya? Misalnya aku pilih jurusan PMIP sama PLI, tapi bingung yg mana yg dijadiin pilihan kesatu.. tapi sebenernya lebih sreg ke yg PMIP, tapi takutnya yg PLI lebih banyak peluangnya, gmn ya?:(

    ReplyDelete
  15. Kaa kalo peluang itu sama aja ya? Misalnya aku pilih jurusan PMIP sama PLI, tapi bingung yg mana yg dijadiin pilihan kesatu.. tapi sebenernya lebih sreg ke yg PMIP, tapi takutnya yg PLI lebih banyak peluangnya, gmn ya?:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya untuk peluang antara PMIP dan PLI, aku pribadi enggak tahu . Tapi sepertinya untuk PMIP dan PLI peluangnya sama saja. Jadi, saranku kamu pilih yang menurutmu manthab, trus maksimalkan belajar sama perbanyak latihan soal untuk UM. Dengan begitu, peluang kamu masuk AKA bakal lebih besar.. ^^

      Delete

Hello, Pengyoumen~
I'd like to say thank you for visit my little blog, read my notes. Hope we can be friend although we aren't face to face. Please enjoy. If any question or comment you want me know, write here (^.^)/
Teman-teman sebangsa dan setanah air~
Kalau kalian ada pertanyaan yang masih terpendam dalam hati, tentang blog mini milikku atau ingin lebih tahu tentang dunia mandarin lovers. silahkan tulis disini. <(~,^)/
-
Don't forget to write your name,
Tinggalkan namamu, buat arsip. Hehehee~