. . .

Welcome to my little blog. I just want to share some notes. Notes about me, my blog, and all the things I loved. I loved Taiwanese drama, Chinese drama, and mandarin songs. If you already read my post, leave your COMMENT and VOTE please. I need your opinion to be better. (^.-)/
If you want to request some notes, you can send me email, or contact me in social network. I active in FB account Lintang Nolscore. I'm waiting for you! \(^.^)/ Oh ya, don't forget to inbox me! ^^

Friday, 5 August 2016

Ban Karet versus Permen Karet !

Hai Hai ! pengyoumen~ 
Sebangsa dan setanah air tercinta .... notes ini sudah diperbarui !

Aku hanya ingin mengingatkan bahwa Agustus telah datang !! Bendera merah putih sudah memenuhi bahu-bahu jalan ! Gembira? Sangat ! Jadi inget waktu SD, SMP, SMA pas kelasku kedapatan mengisi upacara hari senin, terus terusan kebagian Pembukaan UUD 1945 ! Mungkin karena itu, sampai sekarang TOA ku gak ilang-ilang, hahahaaa
(ᗒᗜᗕ)
source
Demi ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, aku membuat catatan ini. Hehehee
Aku bukan guru, aku juga bukan dosen, apalagi profesor. Aku hanyalah mahasiswa tingkat akhir yang sangat biasa. Jadi maaf saja jika aku hanya bisa berbagi sedikit (baca: sangat sedikit) pengetahuan bagi pengyoumen~

[update]
Maaf ya, update nya agak lama (-_-)>
Baru beres seminar, trus masih syok. Hahahaaaa *alesan*

Ban karet dan permen karet itu sama atau beda?
sama! beda? sama? beda! sama! beda? sama? beda! sama? beda? sama? beda! sama? . . . 
gitu aja terus sampai bunga mawar jadi botak, Hahahaaaaa

Lihat siapa yang menanggapi pertanyaanku φ( ̄ー ̄ )ノ
 

Hai saudari ipeh, jangan baper terus ya hahaahaaaa

Sampai-sampai permen karet aja dibaperin, kalau udah terasa pahit langsung dibuang aja. Relakanlaaah , begitu juga mantan ... #plakk
Pengyoumen~ ada yang setuju bahwa ban karet dan permen karet itu beda?
Cunghand! Aku setuju \(^_^)>
tapi, ada gak pengyoumen~ yang malah berpikir bahwa keduanya sama?
Aku juga setuju (ᗒᗜᗕ) Hahahaaa
karena tergantung dari segi apa kita membandingkannya . benar khan? Hihihiii

PERSAMAAN

Ban karet dan permen karet itu sama! sama apanya? sama-sama karet, Hahahaaaa
Itu bener banget, dua benda ini berbahan dasar yang sama yaitu karet. Itu sajakah persamaannya? ^^

1. Mereka merupakan polimer

Aduh, bahasa kimia keluar. Hahahaaa
Apa itu polimer?
Polimer merupakan molekul besar yang terbentuk dari unit-unit berulang sederhana yang disebut monomer. Berasal dari bahasa Yunani, “poly”  yang berarti banyak dan “mer” yang berarti bagian (Stevens, 2001).
masih puyeng? okey, kalian tahu manik-manik? kecil-kecil, bulat, warna-warni hahahaaa
analoginya, monomer adalah satu biji manik. Nah, kalau manik itu ada 2000 dan dirangkai pake benang sampai berhimpit-himpitan, hampir gak bisa napas itu adalah polimer. ada pencerahan?

2. Mereka itu benda (=^・^=) hihihiii~

2. Mereka bisa dilihat, diraba, tapi gak tak bisa di terawang .

2. Mereka sama-sama gak bisa dimakan, Hahahaaa (ᗒᗜᗕ)

Kesel? merasa dipermainkan? Yaudah deh, mari kita mencoba serius #eeaaa
_________

3. Mereka adalah karet yang hampir sama persis !

Masa sih? Perasaan beda jauh khan? Hahahaaa
Kata dosen kimpolku (baca: kimia polimer), mereka itu sama. darimananya?
Dari sudut kimia,

Menurut informasi yang aku dapat, ban dan permen karet itu strukturnya hampir sama lho.
Strukturnya polimernya terdiri atas monomer 2-metilbuta-1,3-diena (isoprena)
Pusing?

Coba lihat >>
trans-poliisopren

cis-poliisopren


Sudah dilihat? mirip banget khan! tapi, apa bedanya?

lingkarannya beda. betul sekali~

Perbedaan kedua stuktur diatas, adalah letak sambungannya. kalau trans dia posisi sambungan isoprennya menyilang, sedangkan cis sejajar. terlihat? dan ternyata perbedaan sedikit itu berdampak sangat besar dalam fisik mereka. Jadi jika ada seseorang berkata ban dan permen karet berbeda. Mereka melihat dari segi fisik ^^

PERBEDAAN

Ban karet adalah trans-poliisopren, sedangkan permen karet adalah cis-poliisopren.
Ban karet adalah gutta percha, sedangkan permen karet adalah karet alam.
Ban karet keras, cenderung rapuh, sedangkan permen karet super elastis.
Ban karet tidak dapat dikunyah, sedangkan permen karet bisa.
Ban karet pahit, sedangkan permen karet ada rasa stroberi hingga anggur, hahahaaa

Perbedaan lainnya? bisa tanyakan pada yang bersangkutan~ <(^o^)/

Salam Saudara sebangsa dan setanah air !
(´⌣`ʃƪ)

2 comments:

  1. Atudah, ban karet sama permen karet beda kak. Beda rasanya. Kalau Ban rasanya anyep-anyep gimana gitu, kalo permen karet manis diawal pahit diakhir #Eaaa


    Ipeh Alena

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ipeh,salam kenal :)
      Aku setuju sama kamu, kenapa aku setuju? bisa dilihat diatas ^
      Makasih banyak, udah visit dan komen. hehehee

      Untuk rasa penasaranmu tentang ban karet dan permen karet itu sama/beda, semoga bisa terobati ya~

      Delete

Hello, Pengyoumen~
I'd like to say thank you for visit my little blog, read my notes. Hope we can be friend although we aren't face to face. Please enjoy. If any question or comment you want me know, write here (^.^)/
Teman-teman sebangsa dan setanah air~
Kalau kalian ada pertanyaan yang masih terpendam dalam hati, tentang blog mini milikku atau ingin lebih tahu tentang dunia mandarin lovers. silahkan tulis disini. <(~,^)/
-
Don't forget to write your name,
Tinggalkan namamu, buat arsip. Hehehee~