. . .

Welcome to my little blog. I just want to share some notes. Notes about me, my blog, and all the things I loved. I loved Taiwanese drama, Chinese drama, and mandarin songs. If you already read my post, leave your COMMENT and VOTE please. I need your opinion to be better. (^.-)/
If you want to request some notes, you can send me email, or contact me in social network. I active in IG account @lintang_ns . I'm waiting for you! \(^.^)/ Oh ya, don't forget to DM me! ^^

Sunday 28 April 2019

3 Film Seri Ex Files .

Halllow pengyoumen~
Baru saja di Bintaran, Yogyakarta sore hari turun hujan. Membuat aku jadi teringat sesuatu. Aku yakin pengyoumen sering mendengar kata-kata : “Hujan ingat mantan.” Atau bahkan pengyoumen pernah merasakan hal tersebut? Gpp, wajar lah inget mantan yang pernah singgah, atau mantan gebetan yang tiba-tiba menghilang. Heheheee Mantan bisa saja mempengaruhi kehidupan kita selanjutnya. Sebagaimana kalimat “ada mantan yang menghantuimu,” yang sangat tersirat dari tiga film mandarin yang bakal aku bahas sekarang.

Ex Files (前任攻略) yang secara harfiah berarti “dokumen-dokumen mantan” adalah film komedi-romantis dari Tiongkok yang sudah memiliki 3 seri. Ex Files 1, 2, dan 3 tidak berkaitan satu sama lain. Karena tidak ada keterkaitan antara film pertama dengan sekuelnya, jadi pengyoumen bisa nonton seri Ex Files secara terpisah. Setiap seri dari Ex Files memiliki cerita yang berbeda-beda, tapi tetap dalam konteks mantan. Mantan itu banyak macamnya, kira-kira mantan seperti apa yang ada di film Ex Files?

1. Ex Files


Seri pertama Ex Files dirilis lima tahun lalu, tepatnya pada 31 January 2014. Seri Ex Files disutradarai oleh Tian Yusheng yang sebelumnya sukses menyutradarai My Old Classmate. Film ini menggaet aktor sekaligus penyanyi ganteng Han Geng, sang mantan personil Super Junior. Pemeran utama lelaki lainnya, ada aktor dari Korea, Lee Sang Yeob. Selain itu ada Zheng Kai, salah satu aktor Tiongkok yang pasti kebagian peran kocak. Aktris-aktris yang mengisi film ini ada Helen Yao, dan Wang Li Kun.

Berkisah tentang Meng Yun (Han Geng), seorang pria yang memiliki banyak mantan kekasih. Suatu hari dia mendapatkan undangan pernikahan dari salah satu mantan lamanya, dan dia pun memutuskan untuk datang ke acara tersebut. Ternyata sang mantan sudah mempersiapkan meja khusus untuk Meng Yun. Dia duduk di meja berlabel “ex-boyfriend” bersamaan dengan beberapa pria lain. Di tengah-tengah acara, seorang wanita datang mengendap-ngendap. Meng Yun mendadak jatuh cinta pada pandang pertama pada sosok wanita tersebut. Dia adalah Xia Lu (Helen Yao) yang duduk di meja sebrang, yang tak lain adalah “ex-girlfriend” dari sang pengantin pria.


Sepulang dari acara pernikahan mantan, Meng Yun dan Xia Lu menjalin hubungan sebagai kekasih. Sebagai dua orang yang dewasa, bagi mereka PDKT sudah tidak diperlukan lagi. Namun, dengan hubungan super cepat itu membuat Meng Yun dan Xia Lu kurang mengetahui satu sama lain. Seiring jalannya waktu, Xia Lu baru mengetahui kalau Meng Yun memiliki banyak mantan. Ketika Meng Yun dan Xia Lu sedang makan malam romantis, ketemu mantan. Lagi di rumah, mantan dateng malem-malem. Saking banyaknya mantan Meng Yun, Xia Lu mulai ragu pada Meng Yun. Di sisi lain, ada mantan Xia Lu bernama Park Eun-Ho (Lee Sang Yeob) yang masih mengintai Xia Lu. Akankah persoalan tentang para mantan ini membuat hubungan Meng Yun dan Xia Lu kandas? Bagaimana bila ada persoalan lain yang ternyata lebih besar dari sekedar mantan?

2. Ex Files 2 : The Back Up Strikes Back


Sekuel Ex Files, dirilis satu tahun setelah film pertamanya (6 November 2015). Di film kedua ini, tidak ada Han Geng. Pemeran utama pria diisi oleh Zheng Kai yang di film pertama hanya berperan sebagai sahabat Meng Yun. Zheng Kai adalah salah satu aktor yang selalu aku nantikan, suka aja ngelihat dia. Setelah nonton di So Young, Fleet of Time, dan One Nignt Stud. Hihihihiii Yang menjadi lawan main Zheng Kai di film ini adalah aktris cantik Amber Kuo.

Cerita di film Ex Files 2 ini diambil dari film Korea yang berjudul How to Use Guys with Secret Tips. Berawal dari pertemuan pertama Yu Fei (Zheng Kai) dan Yi Ze (Amber Kuo). Suatu hari, Yu Fei terlambat mengikuti sebuah audisi dari sebuah ajang kompetisi menari dimana Yi Ze bekerja sebagai panitia. Yu Fei memohon pada Yi Ze untuk meloloskan dia dari audisi tersebut. Tak disangka Yu Fei berhasil menjadi juara satu di kompetisi tersebut. Semakin hari Yu Fei semakin terkenal, dia mulai merambah profesi menjadi penyanyi, model iklan, dan pemain drama. Yu Fei pun menjadi artis papan atas yang memiliki banyak fans.


Yu Fei dan Yi Ze kembali bertemu dalam sebuah proyek iklan, dimana Yu Fei menjadi model dan Yi Ze menjadi asisten sutradara. Selepas syuting selesai, Yu Fei mulai mendekati Yi Ze dengan maksud mencari pasangan cinta satu malam. Beberapa hari setelah itu, Yi Ze baru menyadari bahwa Yu Fei hanya mempermainkan dia. Yi Ze kecewa dan mulai menyusun rencana untuk membalas dendam pada Yu Fei. Yi Ze merubah seluruh penampilannya, menjadi sosok yang seksi dan menawan. Yu Fei sangat terkejut saat melihat perubahan Yi Ze, dan mencoba mendekati Yi Ze kembali. Yang di dapat oleh Yu Fei, hanyalah penolakan yang menyakitkan. Penolakan itu sempat membuat Yu Fei stress, tapi bukan Yu Fei namanya kalau gampang menyerah. Akankah Yu Fei dan Yi Ze menjadi sepasang kekasih yang sesungguhnya?

3. Ex Files 3 : The Return of The Exes


Dari ketiga film seri Ex Files, film ini adalah film yang menurutku paling bagus. Terbukti dari daftar box office Tiongkok tahun 2017, Ex Files 3 menempati urutan ke empat dari ratusan film yang tayang. Film ini mengalahkan film Kung Fu Yoga milik aktor senior Jackie Chan. Setelah Han Geng absen di film Ex Files 2, kali ini Han Geng hadir kembali di film Ex Files 3 dan tentunya ditemani oleh Zheng Kai. Nama kedua orang ini tetap sama, Meng Yun dan Yu Fei tapi dengan kisah yang berbeda dari film-film sebelumnya. Lawan main mereka, ada penyanyi cantik Kelly Wu, Zheng Mengxue, dan Mimi Luo.

Ex Files 3, film yang dirilis tanggal 29 Desember 2017 menceritakan tentang dua sahabat jomblo. Mereka adalah Meng Yun (Han Geng) dan Yu Fei (Zheng Kai) yang putus dari pacar mereka masing-masing di waktu yang hampir bersamaan. Meng Yun bertengkar dengan kekasihnya yang bernama Lu Jia (Kelly Wu) tentang persoalan yang bukan pertama kalinya mereka hadapi sepanjang lima tahun kebersamaan mereka. Saking seringnya mereka bertengkar, Meng Yun sudah hapal bahwa Lu Jia tidak akan berani meninggalkan rumah. Di sisi lain, Lu Jia mengira Meng Yun akan meminta maaf padanya. Pada akhirnya, apa yang terjadi adalah kebalikan dari perkiraan mereka berdua. Lu Jia benar-benar meninggalkan rumah, dan Meng Yun hanya terdiam tanpa usaha untuk mencegah Lu Jia pergi.


Dalam kisah cinta yang lain, Yu Fei dan pacarnya yang bernama Ding Dian (Zheng Mengxue) mengalami pertengkaran yang sangat hebat. Pasangan playboy-playgirl ini akhirnya kandas setelah menjalin kasih selama dua tahun. Sebagaimana orang-orang patah hati pada umumnya, Meng Yun dan Yu Fei butuh hiburan. Mereka bertekad untuk menikmati masa-masa jomblo mereka dengan berbagai cara. Salah satu hal yang mereka lakukan adalah kencan buta dengan cewe kembar. Namun, kencan buta yang mereka lakukan sungguh kacau. Selalu ada unsur komedi di setiap film mandarin, bahkan di film Ex Files yang notabenenya romance banget. HHahaaha pengyoumen harus lihat bagaimana apesnya Yu Fei. wkwkwkk


Mari baca kembali judul lengkap film ini, Ex Files 3 : The Return of The Exes. “Kembalinya para mantan” adalah inti dari film ini, jadi bagaimana mereka putus hanya bagian awal dari film ini. Semakin lama, penonton akan diperlihatkan bahwa Meng Yun, Yu Fei, Lu Jia, dan Ding Dian benar-benar tidak bisa menghilangkan sosok mantan. Meng Yun dan Lu Jia tidak pernah berkomunikasi lagi semenjak Lu Jia pergi dari rumah. Baik Meng Yun ataupun Lu Jia, sama-sama memiliki gengsi tinggi untuk memulai perbincangan. Lain hal dengan hubungan Yu Fei dan Ding Dian, mereka berani bertemu pasca putus dan mereka tidak gengsi untuk menangis di depan mantan. Meluapkan apa yang mereka rasakan, memperlihatkan bagaimana mereka terluka. Lalu bagaimana akhir kisah cinta dua sahabat ini? Ini ada lagu dari Kelly Wu yang sangat merasuk hati, dan sukses merajai KKBOX dalam waktu yang lama.

Line favoritku dari lagu ini adalah : “Aku tidak menyesal mencintaimu dan juga menghargai akhir kisah cinta kita.






        ^ - - - - - - - - - - ^





        ^ - - - - - - - - - - ^



No comments:

Post a Comment

Hello, Pengyoumen~
I'd like to say thank you for visit my little blog, read my notes. Hope we can be friend although we aren't face to face. Please enjoy. If any question or comment you want me know, write here (^.^)/
Teman-teman sebangsa dan setanah air~
Kalau kalian ada pertanyaan yang masih terpendam dalam hati, tentang blog mini milikku atau ingin lebih tahu tentang dunia mandarin lovers. silahkan tulis disini. <(~,^)/
-
Don't forget to write your name,
Tinggalkan namamu, buat arsip. Hehehee~